-->

Juknis Beasiswa Santri Berprestasi MAN/MAS Tahun 2019

Juknis Beasiswa Santri Berprestasi MAN/MAS Tahun 2019

Forum Karya Pendidik- Beasiswa Kuliah gratis menjadi harapan besar bagi adik-adik yang memiliki nilai akademik bagus tetapi kurang mampu dari segi ekonomi untuk mengejar impian kuliah dan menjadi seorang sarjana di Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia.Masih banyak di lingkungan sekitar kita anak-anak lulusan SMA/MA/ maupun SMK sederajat setelah lulus sekolah mereka bekerja dan tidak melanjutkan kuliah karena keterbatsan masalah ekonomi.

Untuk mengatasi hal tersebut dari pihak pemerintah  telah menyedikan beberapa  beasiswa  kuliah gratis bagi adik-adik lulusan SMA/MA/SMK  untuk melanjutkan kuliah demi nembah ilmu pengetahuan dan terlebih lagi bisa membuat bangga kedua orang tua.Kedua orang tua akan terharu dan bangga bila kita sebagai pelajar bisa berprestasi serta kedepannya diharapkan bisa membawa Bangsa Indonesia lebih maju serta mampu bersaing di tingkat internasional.
Juknis Beasiswa Santri Berprestasi MAN/MAS Tahun 2019
Juknis Beasiswa Santri Berprestasi MAN/MAS Tahun 2019

Selain Progam Bidikmisi yang telah diselenggarakan oleh pemerintah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Dirjendikti,dari Kementerian Agama Republik Indonesia juga menyelenggarakan proram Beasiswa bagi para Santri yang memiliki prestasi untuk menempuh kuliah di Perguruan Tinggi Negeri mapun Perguruan Tinggi Swasta.
Salah satu usaha pemerataan akses dan peningkatan mutu serta daya saing tersebut adalah dengan diselenggarakannya Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama, yang saat ini sudah memasuki tahun ke-14. PBSB menjadi bagian dari afirmasi Kementerian Agama dalam memperluas akses santri untuk mendapatkan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi terbaik. Kebijakan ini didasarkan pada fakta posisi strategis pesantren dalam ikut mencerdaskan dan menjaga kedamaian kehidupan bangsa serta untuk mempercepat ketertinggalan eksistensi pondok pesantren di bidang sains dan teknologi untuk penguatan tafaqquh fiddin. Manfaat program ini diharapkan menjadi pionir pemberdayaan masyarakat (community development) di lingkungan pondok pesantren.

Program ini untuk kali pertama digulirkan pada tahun 2005. Hingga tahun 2018, Kementerian Agama sudah memberikan beasiswa kepada 4.566 santri berprestasi yang berasal tidak kurang dari 900 pondok pesantren se-Indonesia. 3.444 santri diantaranya sudah menyelesaikan studinya dan kembali mengabdikan keilmuannya di pondok pesantren.

Panduan Pendaftaran Bidikmisi 2019 Jalur PMDK-PN UMPN dan Mandiri

Seleksi Calon Peserta Program Beasiswa Santri Berprestasi Program S1 Sains Teknologi, Sosial Humaniora, dan Keagamaan (Dirasah Islamiyah) adalah bentuk pelaksanaan strategi umum melalui rekruitment santri berprestasi dengan sistem seleksi terbuka, dengan pengetatan kriteria peserta seleksi untuk peserta baru, yaitu santri berprestasi yang diutamakan dari latar belakang keluarga kurang mampu dan memberian kemudahan bagi peserta seleksi dari daerah tertinggal/terpencil.
  • Pengumuman Pendaftaran : 15 Maret 2019
  • Periode Pendaftaran : 1 – 30 April 2019
  • Pegumuman Kelayakan Mengikuti Tes : 15 Mei 2019
  • Pelaksanaan Seleksi CBT dan Tahfizh : 18 Juni 2019
  • Pelaksanaan Seleksi Qiraatil Kutub pada Ma’had Aly : 19 Juni 2019
  • Pengumuman Hasil Seleksi : Juli 2019
Hingga tahun 2019, perguruan tinggi yang masih menjadi mitra PBSB berjumlah 18
(delapan belas) perguruan tinggi. 13 (tiga belas) diantaranya yaitu 
  1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang bermitra sejak tahun 2005, 
  2. Institut Pertanian Bogor sejak 2005,
  3. UIN Sunan Ampel Surabaya sejak 2006,
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember sejak 2006, 
  5. Universitas Gadjah Mada sejak 2006, 
  6. UIN Walisongo Semarang sejak 2007,
  7. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sejak 2007, 
  8. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sejak 2009, 
  9. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung sejak 2010, 
  10. UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak 2013,
  11. UIN Alauddin Makassar sejak 2016, 
  12. Universitas Cenderawasih Jayapura sejak 2016,
  13. Universitas Al-Azhar Indonesia
Jakarta sejak 2018. Sementara perguruan tinggi yang baru saja bermitra pada tahun
2019 adalah
  1. Universitas Diponegoro Semarang, 
  2. Ma’had Aly As’adiyah SengkangSulawesi Selatan,
  3. Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Jombang Jawa Timur, 
  4. Ma’had Aly Kebon Jambu Cirebon Jawa Barat, serta 
  5. Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo Jawa Timur.
Bagi rekan guru serta adik-adik lulusan dari Pondok pesantren Madrasah Aliyah(MA) atau MAK(Madrasah Aliyah Kejuruan) yang lulus tahun 2017,2018 dan tahun 2019 bisa mendaftarkan diri melalui link Santri mendaftar secara online melalui https://bit.ly/2YTOAS5

Sebelum mandaftarkan diri alangkah baiknya adik-adik serta bapak/ibu guru membaca juknis(petunjuk teknis pelaksanaan PBSB(Program Beasiswa Santri Berprestasi) tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 - 30 April 2019.Didalam Juknis akan dijelaskan langkah-langkah yang jelas serta persyaratan yang akan dipersiapkan sebelum mendafar.Silahkan unduh Juknis PBSB Tahun 2019 dalam format pdf di bawah ini.

atau

Demikian informasi terkait dengan Petunjuk teknis Program Beasiswa Santri Berprestasi tahun anggaran 2019.Semoga dengan membaca petujuk tersebut adik-adik dan bapak/ibu guru bisa memahami persyaratan yang dibutuhkan.

0 Response to "Juknis Beasiswa Santri Berprestasi MAN/MAS Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel