-->

BUKU PANDUAN PENILAIAN KURIKULUM 2013 JENJANG SMP DARI KEMENDIKBUD 2017

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 untuk satuan Sekolah Menengah Pertama tahun 2017.Panduan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktora Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama tahun 2017.
buku panduan penilaian kurikulum 2013 SMP lengkap dengan formatnya

Pada buku panduan ini berisi konsep penilaian,penilaian yang dilakukan oleh pendidik yang terdiri dari penilaian sikap,pengetahuan,keterampilan,serta penilaian oleh satuan pendidikan.Selain itu dalam panduan penilaian ini diuraikan cara menetapkan Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pengisian nilai dalam Rapor.

Buku Panduan penilaian ini untuk memfasilitasi pendidik dan satuan  kependidikan dalam merencanakan dan melakukan penilaian mengolah serta memanfaatkan penilaian ,serta membuat laporan capaian kompetensi peserta didik.

Kesulitan utama yang sering dihadapi oleh pendidik adalah merumuskan indikator,menyusun butir-butir instrumen dan melaksanakan penilaian sikap dengan menggunakan berbagai macam teknik.Selain itu banyak dari pendidik yang kurang percaya diri dalam melaksanakan penilaian keterampilan,karena belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.

Kesulitan lain yang dikeluhkan oleh pendidik adalah berkaiatan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap,aspek pengetahuan,dan aspek keterampilan.Selaian itu para guru juga masih kesulitan dalam membuat format dan menentukan KKM.

Oleh karena itu bapak/ibu guru yang mengajar di Sekolah Menengah Pertama(SMP) khususnya perlu memiliki buku panduan penilaian kurikulum 2013 ini.Karena buku ini berisi konsep-konsep dasar penilaian,penentuan KKM serta format penilaian kurikulum 2013 yang ada di Rapor.

Bagi rekan guru yang ingin mengunduh Buku Panduan penilaian kurikulum 2013 ini,kami persilahkan untuk download lewat link di bawah ini:

atau

Silahkan baca juga :
  1. Aplikasi Cetak Kartu Id Card dan Kartu peserta Ulangan semester 
  2. Kisi-Kisi Ujian Nasional dan USBN SMP Tahun 2017/2018
  3. Kumpulan soal Olimpiade Matematika SMP
  4. Juknis pendataan calon peserta Ujian Nasional SMP SMA Sederajat
Demikian materi dan informasi seputar buku panduan penilaian kurikulum 2013 untuk jenjang SMP kurikulum 2013 tahun 2017/2018.Semoga buku panduan penilaian ini bisa membantu rekan guru dalam pengolahan nilai serta pembuatan KKM di sekolah.


0 Response to "BUKU PANDUAN PENILAIAN KURIKULUM 2013 JENJANG SMP DARI KEMENDIKBUD 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel