-->

Juknis Pengembangan Pembelajaran Model HOTS Pada Madrasah

Juknis Pengembangan Pembelajaran Model HOTS Pada Madrasah

Juknis Pengembangan Pembelajaran Model HOTS Pada Madrasah
Juknis Pengembangan Pembelajaran Model HOTS Pada Madrasah

Juknis Pengembangan Pembelajaran Model HOTS Pada Madrasah-Petunjuk teknis ini disusun sebagai acuan bagi guru agar mampu mengembangkan pembelajaran ke arah kompetensi abad 21.Pembelajaran yang dikembangkan oleh guru dimulai dari pengembangan indikator dan pengembangan materi yang harus mengaitkan antar konsep dan fakta, serta disampaikan secara prosedural dengan pendekatan saintifik atau pendekatan lainnya yang diintegrasikan dengan model atau metode pembelajaran, sehingga membentuk metakognisi siswa.

Pembelajaran dengan kompetensi abad 21 yang identik dengan pembelajaran HOTS, jika dijalankan secara konsisten, sangat dimunkinkan akan berkorelasi mewujudkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik sesuai tingkat perkembangan dan karakteristik siswa. Aspek pembelajaran HOTS adalah bercirikan pembelajaran yang membangun pemikiran kritis, kreatif, sarat kemampuan pemecahan masalah, berkolaborasi, komunikasi dan didasarkan pada pendididkan karakter religius maupun karakter sosial.

Juknis Pengembangan Pembelajaran Model HOTS Pada Madrasah- Pembelajaran HOTS tidak hanya menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, namun juga menuntut guru harus mampu mengembangkan keprofesiannya dalam pengelolaan pembelajaran secara kreatif dan inovatif. 

Pimpinan madrasah dan pengawas, serta pejabat pembina pendidikan madrasah wajib memfasilitasi, memotivasi, dan mendampingi guru untuk optimal mewujudkan kreativitas dan inovasinya dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang bermakna pada kehidupan peserta didik.

Komitmen guru, kepala madrasah, pengawas, dan pejabat pembina madrasah menjadi prasyarat yang wajib diwujudkan dalam mengimplementasikan petunjuk teknis pengembangan pembelajaran ini. Bukti integritas, komitmen, dan tanggung jawab para pemangku kepentingan (stake holders) internal maupun eksternal madarasah adalah menjalankan secara maksimal petunjuk teknis ini dan ketentuan lain dalam menghasilkan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik.

Juknis Pengembangan Pembelajaran Model HOTS Pada Madrasah- Tujuan penyusunan petunjuk teknis ini adalah Memberikan petunjuk teknis operasional berupa diskripsi proses pembelajaran pada jenjang MI, MTs dan MA berdasarkan Kurikulum 2013 dengan menggunakan pembelajaran dengan pendekatan Saintifik, yang terintegrasi dengan pembelajaran abad 21.

Bagi bapak/ibu guru yang mengajar di Madrasah mulai dari jenjang MI,MTs dan MA bisa mengunduh Juknis Pengembangan Penerapan Pembelajaran HOTS di Madrasah yang bisa di terapkan di kelas masing-masing.Petunjuk Teknis Pengembangan Penerapan Pembelajaran HOTS di Madrasah ini berdasarkan pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islm Nomor 5163 tahun 2018.Kami persilahkan unduh file nya melalui Link yang sudah kami siapkan di bawah ini.
atau

Bagi rekan guru yang iingin mencoba mebuat soal-soal HOTS,dan mengembangkan soal-soal serta menambah daya kognitif peserta didik,bisa mnegunduhnya dengan Download Di bawah ini secara gratisss:

atau kunjungi lewat LINK >>> KLIK DI SINI
Baca juga :
  1. Buku Guru Kelas 7 MTs Aqidah dan Akhlaq kurikulum 2013.docx
  2. KKM Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc 
  3. RPP Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1.doc 
  4. Prota Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc
  5. Prosem Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc
  6. RPP Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 2.doc 
  7. Rincian Pekan&Jam Efektif Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc 
  8. Silabus Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc 
  9. SKL,SK-KD Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc
  10. Pemetaan KD Aqidah Akhlaq MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2.doc

Baca juga artikel lainnya di bawah ini:
  1. Buku Pegangan Guru Mata pelajaran Matematika kelas 8 kk 2103 edisi revisi
  2. Buku  siswa mapel Matematika  kelas 8 semester 1 edisi revisi 2017
  3. Buku  siswa mapel Matematika  kelas 8 semester 2 edisi revisi 2017
  4. Buku Guru Mapel Bahasa Inggris kelas 8 edisi revisi 2017
  5. Buku Siswa Mapel Bahasa Inggris kelas 8 edisi revisi 2017
  6. Buku Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 edisi revisi 2017
  7. Buku Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas 8 edisi revisi 2017
  8. Buku Guru Mata pelajaran IPA kelas 8 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
  9. Buku Siswa  Mata pelajaran IPA kelas 8 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
  10. Buku Siswa  Mata pelajaran IPA kelas 8 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
  11. Buku Guru Mata pelajaran IPS kelas 8 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
  12. Buku Siswa Mata pelajaran IPS kelas 8 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
  13. Buku Guru Mata pelajaran Pkn kelas 8 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
  14. Buku Siswa Mata pelajaran Pkn kelas 8 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
  15. Buku Guru Mata pelajaran Prakarya kelas 8 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
  16. Buku Siswa  Mata pelajaran Prakarya kelas 8 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Demikian sedikit ulasan seputar Juknis Pengembangan Pembelajaran Model HOTS Pada Madrasah yang dapat kami bagikan pada kesempatan malam hari ini.Semoga petunjuk teknis tersebut bermanfaat dan sesuai dengan harapan bagi bapak/ibu guru pengajar di Madrasah.Silahkan dikembangan sendiri di Madrasah masing-masing guna meningkatan kemampuan siswa baik dari aspek Kognitif,afektif dan psikomotorik.

0 Response to "Juknis Pengembangan Pembelajaran Model HOTS Pada Madrasah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel