Modul Ajar SMP Kelas 7,8 dan 9 Kurikulum Merdeka
Modul ajar adalah salah satu bentuk perangkat ajar yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran. Modul ajar merupakan penjabaran dari Alur Tujuan Pembelajaran dan disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan murid.
Berikut komponen yang harus ada pada modul ajar dalam Kurikulum Merdeka:
Identitas Modul
Dalam identitas modul terdapat sejumlah unsur yakni nama penyusun, tahun penyusunan serta institusi penyusun, jenjang sekolah, kelas, dan alokasi waktu yang sesuai dengan jam pelajaran di unit kerja.
Kompetensi Awal
Kompetensi awal diartikan sebagai pengetahuan maupun keterampilan yang dimiliki siswa sebelum pelaksanaan pembelajaran. Tujuannya adalah untuk mengukur hasil dari rancangan modul ajar.
Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar Pancasila menjadi tujuan akhir dari kegiatan pembelajaran yang terkait dengan proses pembentuk karakter siswa yang digambarkan melalui konten atau metode pembelajaran.
Sarana dan Prasarana
Sarana dan prasarana dalam modul ajar adalah media baik alat maupun materi yang mampu menunjang pelaksanaan pembelajaran serta sumber bahan ajar yang mempertimbangkan kebutuhan dari peserta didik, salah satunya seperti pemanfaatan teknologi.
Target Peserta Didik
Dalam target peserta didik, dibagi dalam beberapa kelompok target. Pertama, peserta didik reguler atau umum, dimana peserta didik tersebut tidak memiliki kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan.
Kedua, peserta didik yang kesulitan belajar, di mana peserta didik tersebut memiliki keterbatasan dalam penerapan gaya belajar, sulit memahami materi, sulit konsentrasi maupun tidak percaya diri.
Ketiga, peserta didik dengan tingkat pencapaian yang tinggi, di mana peserta didik tersebut memiliki kemampuan untuk memahami tiap materi dengan cepat, memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi hingga memiliki keterampilan dalam kepemimpinan.
Model Pembelajaran
Model pembelajaran adalah kerangka pembelajaran yang menggambarkan sistem pelaksanaan pembelajaran. Bentuk model pembelajaran bisa berupa pembelajaran tatap muka (PTM), pembelajaran dalam jaringan maupun pembelajaran luar jaringan, serta kombinasi dari ketiganya (blended learning) yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam pelaksanaan pembelajaran.
PERGANTIAN NAMA ISTILAH Kurikulum13 ke Kurikulum merdeka
- Prota
- Promes diganti prosem ( program semester )
- Silabus diganti ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)
- KI diganti CP ( capaian pembelajaran)
- RPP diganti Modul ajar
- KD diganti TP (tujuan pembelajaran)
- KKM diganti KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)
- IPK diganti IKTP (Indikator Ketercapaian Tujuan Pembelajaran)
- PH diganti Sumatif
- PTS diganti STS (Sumatif Tengah Semester)
- PAS diganti SAS (Sumatif Akhir Semester)
- Indikator soal diganti dengan indikator asesmen
- Penilaian teman sejawat diganti Formatif
Silahkan UNDUH DI SINI
Demikian materi terkait dengan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Jenjang SMP kelas 7-9 yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini.Semoga bermanfaat bagi rekan guru sekalian.Tergerak Bergerak Menggerakan
0 Response to "Modul Ajar SMP Kelas 7,8 dan 9 Kurikulum Merdeka"
Post a Comment