-->

Contoh SK Panitia Pelaksana Ujian Sekolah (US ) SD Tahun 2020

Contoh SK Panitia Pelaksana Ujian Sekolah (US ) SD Tahun 2020

Pergantian Menteri berganti pula aturan yang diterapkan.Pada tahun ini dengan adanya menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru ternyata berubah juga aturan yang diterapkan di sekolah terutama yang berkaitan dengan kegiatan USBN.Pada tahun 2020 ini untuk jenjang Sekolah Dasar khususnya SD kegiatan USBN telah dihapus dan diganti dengan Ujian Sekolah(US).

Dengan peraturan yang baru ini pihak sekolah diberi wewenang untuk mengadakan kegiatan Ujian Sekolah Secara mandiri.Artinya sekolah diberikan wewenang untuk membuat soal sendiri,membuat POS ujian sekolah sendiri serta melakukan try out dan koreksi secara mandiri.Karena dari pihak yang biasanya mengeluarkan POS USBN yaitu BSNP sekarang sudah tidak mengeluarkan POS USBN untuk jenjang SD.Dengan demikian sekolah harus berusaha untuk membuat POS US secara mandiri.
Contoh SK Panitia Pelaksana Ujian Sekolah (US ) SD Tahun 2020
Contoh SK Panitia Pelaksana Ujian Sekolah (US ) SD Tahun 2020 
Adapaun ini yang ada Pada POS US yang kami buat ini terdiri dari 8 Bab dan beberapa penjelasan yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan Ujian Sekoah yang ada di SD.Berikut garis besar isi POS US yang kami buat:
  1. BAB I Pengertian
  2. BAB II Peserta dan Satuan Pendidikan Pelaksana US
  3. BAB III Penyelenggaraan dan Pelaksana US
  4. BAB IV Pelaksanaan Ujian Sekolah
  5. BAB V Pemeriksaan dan Pengolahan Ujian Sekolah
  6. BAB VI Kreteria Pencapaian Kompetensi Lulusan
  7. BAB VII Biaya Pelaksanaa Ujian Sekolah
  8. BAB VIII Kejadian Luar Biasa
Bagi sekolah yang belum membuat POS ujian Sekolah( POS US ) untuk kegiatan tahun ini,silahkan unduh POS US dalam format Ms.Word yang kami sediakan di bawah ini.


Selain mempersiapkan POS US,Pihak sekolah juga perlu membuat Surat Keputusan ( SK ) penyelenggaraan kegiatan Ujian sekolah.SK panitia penyelenggaraan ini juga wajib dibuat karena berkaitan dengan pengawas,anggaran serta SKL yang ditentukan oleh sekolah.

Pada kesempatan malam ini,kami akan berbagi perangkat kegiatan Ujian Sekolah(US) untuk jenjang SD.SK kegiatan Ujian Sekolah ini kami sajikan dalam format Ms.word sehingga rekan guru bisa mengeditnya secara mudah.

Komponen yang ada pada SK Panitia penyelenggaraan kegiatan Ujian Sekolah(US) antar lain adalah menimbang,mengingat dan memutuskan.contoh singkat SK Panitia pelaksana US SD adalah sebagai berikut.

Menimbang    :  Bahwa dalam rangka memperlancar pelaksanaan proses Ujian Sekolah  di Sekolah Dasar Negeri 2 Karanganyar, maka perlu menetapkan pembagian tugas guru.

Mengingat      :  1.   Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.      Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
3.      Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
4.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
5.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
6.      Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 43 Tahun 2019 tanggal 10 Desember 2019 tentang Penyelenggaraan Ujian yang diselenggarakan Satuan Pendidikan
7.      Surat Edaran Mendikbud Republik Indonesia Nomor : 1 Tahun 2020 Perihal Kebijakan Merdeka Belajar dalam penentuan kelulusan peserta didik dan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru tahun 2020/2021
8.      Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Nomor : 423.7/1205/B/2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah SD/MI/SDLB Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2019/2020
9.      Rapat pendidik dan tenaga kependidikan SD Negeri 3 Monggot  pada tanggal 7 Maret 2020

M E M U T U S K A N

Pertama          :  Pembagian tugas guru dalam kegiatan Ujian Sekolah seperti yang tertulis pada lampiran 1 dan lampiran 2, dan lampiran 3,  keputusan ini.
Kedua             :  Menugaskan guru seperti terlampir untuk melaksanakan tugas kegiatan Ujian Sekolah
Ketiga             :  Masing-masing petugas melaporkan pelaksanaan tugasnya secara tertulis  kepada Kepala Sekolah.
Keempat         : Menetapkan Standart Kelulusan (SKL),  seperti tertulis pada lampiran 4 keputusan ini.
Kelima            :  Menetapkan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RAPB)  pelaksanaan Ujian Sekolah, seperti tertulis pada lampiran 5 keputusan ini.
Keenam          :  Segala biaya yang timbul akibat pelaksanaan keputusan ini di bebankan pada anggaran yang sesuai.
Ketujuh           :  Apabila terdapat kekeliruan dalam keputusan ini, akan dibetulkan sebagaimana mestinya.
Kedelapan      :  Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

komponen penting yang berbeda dengan tahun sebelumnya adalah dasarnya penyelenggaraan Ujian sekolah(US) yaitu berupa peraturan Menteri Pendidikan,surat Edaran Menteri Pendidikan serta keputusan Kepala Dinas Pendidikan.

Selain SK Kepanitiaan yang berisi panitai penyelnggaraan Ujian Sekolah juga perlu membuat SK daftar Pengawas dan Korektor Ujian Sekolah(US),daftar Penulisan Ijazah,Standar kelulusan,serta anggaran biaya penyelenggaraan ujian Sekolah.
Berikut ini kami bagikan SK Kepanitiaan Ujian sekolah yang membuat komponen-komponen di atas dalam format ms.word dan ukuran kertas legal(F4).Silahkan unduh di bawah ini.


ATAU


Demikian materi terkait dengan Surat Keputusan(SK) Panitia penyelnggaraan Ujian Sekolah SD tahun pelajaran 2019/2020.Semoga materi tersebut bisa dijadikan sebagai bahan tambahan bagi rekan guru dan kepala sekolah dalam pembuatan administrasi Ujian Sekolah.

0 Response to "Contoh SK Panitia Pelaksana Ujian Sekolah (US ) SD Tahun 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel